Tentang Jogjalib

F.A.Q - Frequently Asked Question


  • Q   Apa sih Jogjalib itu?
  • A   Jogjalib adalah Portal Informasi Katalog Buku dan Perpustakaan yang memiliki layanan untuk pencarian buku di 40 Perpustakaan yang ada di Yogyakarta
  • Q   Perpustakaan mana yang tergabung dalam Jogjalib?
  • A   Ada 40 Perpustakaan di Jogjalib antara lain :
    BPAD DIY, UGM, UNY, UKDW, STMIK AMIKOM, STIMIK A.YANI, APMD, STPN, UII, UIN SUNAN KALIJAGA, Perpus Kabupaten Kulon Progo, SMAN 1 Yogyakarta, Akademi Teknologi Kulit, STPMD "APMD", ISI Yogyakarta, Universitas Atmajaya Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, UPN "Veteran", UMY, UJB, STIE YKPN. Perpustakaan STIKES Jend. Achmad Yani, STIKES Surya Global, STTNAS, MAN 3 Yogyakarta, Perpustakaan Balai Bahasa, KPD Sleman dan KAPD Kota Yogyakarta, STIKES Aisyiyah, Instiper Yogyakarta, Universitas Mercu Buana, STIKES Bethesda, Balai Arkeologi, Perpustakaan LPP, Perpustakaan Bantul, KPAD Kab. Gunung Kidul, Perpustakaan STIM YKPN, Poltekkes Kemenkes, SMP Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
  • Q   Layanan Apa saja yang terdapat dalam situs jogjalib ini?
  • A   Jogjalib menyediakan beberapa fasilitas untuk mempermudah pengunjung dalam menjelajahi situs jogjalib, diantaranya :
    1. Fasilitas Member, member disini bersifat umum dan khusus, artinya jika pengunjung berasal dari universitas yang menjadi anggota Jogjalib seperti yang disebutkan diatas, maka untuk mengaktifkan member jogjalib harus melalui perpustakaan universitas tempat anda bernaung. Sifat Umum, masayarakat jogja ataupun mahasiswa luar bisa mendaftar sebagai member perpusda dan mengaktifkannya melalui perpustakaan perpusda.
    2. Usulan Buku, pada fasilitas ini member jogjalib bisa mengusulkan buku buku yang belum ada di katalog Jogjalib ini.
    3. Facebook dan Twitter Share, aplikasi tersebut include di jogjalib, supaya pengunjung satu sama lain bertukar artikel dari informasi yang ditampilkan jogjalib.
  • Q   Kartu Anggota Jogjalib digunakan untuk apa?
  • A   Kartu Anggota Jogjalib berfungsi sebagai penyambung antara perpustakaan satu dengan yang lain. Kartu Anggota berfungsi sebagai tanda masuk/tanda pass ke perpustakaan unit anggota JLA, sehingga pemustaka bisa mengakses sumber informasi di perpustakaan unit sesuai dengan ketentuan yang berlaku di perpustakaan unit tersebut. Kartu Anggota tidak bisa digunakan untuk peminjaman buku di perpustakaan yang tergabung dalam anggota Jogjalibrary for All.