Perpustakaan

STPN


Alamat : Jl. Tata Bumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta, 55293
No. Telepon : 0274-587239
Fax : 0274-587138
Website : http://library.stpn.ac.id/
E-mail : perpustakaan@stpn.ac.id
PIC : Soeharyono Wibisono, A.Ptnh

Sejarah Perpustakaan

Perpustakaan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) merupakan satu-satunya perpustakaan Perguruan Tinggi Kedinasan bidang pertanahan di Indonesia. Perpustakaan STPN mulai berdiri pada tahun 1963 dengan nama Perpustakaan Akademi Agraria, sejalan dengan berdirinya Akademi Agraria sebagai cikal bakal STPN yang berlokasi di Jl. Kusumanegara 135 Yogyakarta. Kemudian pada tahun 1964 Perpustakaan Akademi Agraria dibuka lagi di Semarang yaitu untuk mendukung berdirinya Akademi Agraria Semarang.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 1983 tanggal 16 Juni 1983 Akademi Agraria di Semarang dan di Yogyakarta disatukan menjadi Akademi Agraria Departemen Dalam Negeri dan berkedudukan di Yogyakarta sehingga Perpustakaan Akademi Agraria Semarang juga disatukan dengan Perpustakaan Akademi Agraria Yogyakarta.

Seterusnya tahun 1989 Perpustakaan Akademi Agraria dirubah namanya menjadi Perpustakaan Akademi Pertanahan Nasional (APN) sejalan dengan dirubahnya nama Akademi Agraria menjadi Akademi Pertanahan Nasional. Kemudian berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 1993 tanggal 27 Pebruari 1993 tentang pendirian Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, maka APN ditingkatkan dan diintegrasikan kedalam Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, dengan sendirinya nama perpustakaan juga ikut berubah menjadi Perpustakaan STPN.

Unit Penunjang Akademik (UPA) Perpustakaan STPN saat ini menempati bangunan berlantai 3 seluas 576 m², dengan rincian pemanfaatan sebagai berikut :
Lantai 1, dimanfaatkan untuk : Lobby, Display buku-buku, Sekretariat KAPTI Agraria dan STPN Press Redaksi Buletin Sandi, Ruang Rapat, Ruang Dharma Wanita, Poliklinik, Koperasi.
Lantai 2, dimanfaatkan untuk : Ruang Baca dan Belajar, Layanan Sirkulasi, Layanan Internet, Ruang Koleksi, Ruang Pengolahan.
Lantai 3, dimanfaatkan untuk : Ruang Koleksi Skripsi, Tesis, CD, Ruang Referensi, Koleksi Asing, Arsip, Studio Musik, Studio Audio Visual, Karaoke, dan Diskusi.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang dimiliki perpustakaan adalah :
- Ruang Baca dan sirkulasi
- Fasilitas Lesehan
- Ruang Referensi
- Ruang Rapat
- Komputer dan Internet
- WiFi HotSpot
- Studio Audio Visual / Film / Karaoke / Diskusi
- Studio Band
- Lobby
- Kantin / Koperasi
- Klinik Kesehatan

List Fasilitas


Tidak Ada yang Ditampilkan