Perpustakaan

Universitas Islam Indonesia


Alamat : Kampus Terpadu UII Jl. Kaliurang KM. 14,5 Yogyakarta 55584
No. Telepon : (0274) 898444 psw 2301-2303
Fax : (0274) 898444 psw 2091
Website : http://library.uii.ac.id
E-mail : perpustakaan@uii.ac.id
PIC : Suharti AD, SIP & Ismanto, S.I.Pust.

Perpustakaan Pusat UII berdiri pada tahun 1950 dengan koleksi ± 3.000 eksemplar, berlokasi di Masjid Syuhada Kotabaru. Tidak lama kemudian pindah ke Balai Gadang di jalan Sagan, dan pada tahun 1966 pindah ke kampus Universitas Islam Indonesia Jln. Cik Di Tiro 1 Yogyakarta. Pada tahun 1982, dengan selesainya pembangunan kampus Jl. Cik Di Tiro 1 tahap kedua, Perpustakaan Pusat menempati ruang seluas 200 m² dengan SDM 14 orang. UII memiliki beberapa kampus yang tersebar dibeberapa lokasi yang digunakan untuk perkuliahan yaitu kampus Jl. Taman Siswa (Fakultas Hukum dan Teknik Tekstil), Kampus Jl. Demangan Baru (Fakultas Teknik Sipil), Kampus Jln. Lawu Kotabaru (Fakultas Ekonomi) dan Kampus Sorowajan Barat (Fakultas Agama Islam), Karena berbagai kendala, utamanya transportasi maka berdiri perpustakan di masing-masing Fakultas.

Pada tahun 1999 Perpustakaan Pusat pindah ke Kampus Terpadu Jl. Kaliurang Km 14,4 menempati ruang dengan luas ± 1300 m². Pada tahun 2001 luas ruangan bertambah menjadi 2.227 m². Pada tahun 2006 Perpustakaan Pusat berganti nama menjadi Direktorat Perpustakaan. Pada pertengahan tahun 2011 Direktorat Perpustakaan mulai pindah ke Gedung Baru disertai dengan 5 (lima) perpustakaan Fakultas yang berada di lingkungan Kampus Terpadu, yakni: perpustakaan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, perpustakaan Fakultas Teknologi Industri, perpustakaan Fakultas Ilmu Agama Islam, perpustakaan Fakultas MIPA, dan perpustakaan Fakultas Psikologi & Ilmu Sosial Budaya di integrasikan menjadi satu di Gedung Perpustakaan yang baru. Pada tanggal 17 Oktober 2011 Gedung Perpustakaan diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Dr. Djero Watjik di dampingi oleh Ibu Dr. Meutia Hatta, putri Bung Hatta (alm) tokoh Pendiri UII dan Proklamator RI, dengan nama Gedung Mohammad Hatta, Perpustakaan dan Museum (Direktorat Perpustakaan) Universitas Islam Indonesia.

Sekilas tentang Layanan/ Koleksi yang Tersedia

Direktorat Perpustakaan UII membuka layanan setiap hari Senin - Jumat (pukul 08.00 - 22.00 WIB) dan hari Sabtu (pukul 08.00 - 16.00 WIB).

Akses koleksi menggunakan sistem pelayanan terbuka (Open Access) yang memberikan keleluasaan kepada pemustaka dalam mencari dan mengambil koleksi yang diinginkan secara langsung ke rak koleksi. Selanjutnya pemustaka dapat melakukan peminjaman buku. Layanan ini menggunakan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan (SIMPus) dilakukan dilantai UG dan lantai 1 Gedung Perpustakaan. Peminjaman dapat dilakukan pemustaka yang memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) UII sebanyak 7 eksemplar buku selama 15 hari. Peminjaman dapat diperpanjang satu kali untuk 15 hari ke depan. Setelahnya dilakukan proses pengembalian buku.

Selain itu Direktorat Perpustakaan UII juga memiliki layanan Mandiri. Layanan Mandiri ini merupakan Layanan Sirkulasi didukung oleh Self Check sebagai sarana peminjaman koleksi secara mandiri, dan Book Drop sebagai sarana pengembalian koleksi secara mandiri. Anggota perpustakaan dapat melakukan peminjaman secara mandiri melalui komputer yang sudah tersedia. Untuk pencarian koleksi dapat mempergunakan katalog online atau Online Public Access Catalog (OPAC). Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Sirkulasi, Perpustakaan Universitas Islam Indonesia.

Untuk melihat update koleksi-koleksi terbaru bisa dilihat di web SIMPUS UII KLIK DI SINI

Buku Unggulan View More


Prasetyo Aji Prakoso, SE.
2017
Perpustakaan UII
David Wijaya, S.E., M.M.
2017
Perpustakaan UII
Peter R.J. Reaburn, PhD.
2015
Perpustakaan UII
Drs. Supardi, MM. dan Herien Priyono
2003
Perpustakaan UII
Janine Warner
2006
Perpustakaan UII
Dr. Alauiddin Alomary
2002
Perpustakaan UII

Lokasi Perpustakaan