Terletak 100 meter dari Kantor Kecamatan Nglipar  SMP N 1 Nglipar  mendapat kesempatan mengikuti akreditasi perpustakaan sekolah. Mengawali proses pendampingan pra akreditasi perpustakaan sekolah, tim Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK)  Kabupaten Gunungkidul mengadakan kegiatan sosialisasi dan pendampingan akreditasi perpustakaan sekolah yang dilaksanakan di ruang rapat SMP N 1 Nglipar Gunungkidul. Tim DPK terdiri dari pustakawan ahli madya Agung Wibawa, SIPust dan Erni Widyaningtyas, SIP. Hadir pula pengawas SMP 1 Nglipar Rukiyono, Kepala sekolah beserta jajaran SMP N 1 Nglipar.

 Kepala Sekolah Agus Maryanto, MPd. dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran tim DPK di SMP N 1 Nglipar serta mohon maaf dalam atas kekurangan dalam menanggapi tim DPK Kabupaten Gunungkidul.  Kepala SMPN 1 Nglipar menyampaikan bahwa hari ini  semua guru bisa hadir dan siap untuk mengikuti kegiatan sosialisasi dan pendampingan akreditasi perpustakaan sekolah. Kepada tim dari DPK Kabupaten Gunungkidul Kepala sekolah mohon arahan dan bimbingan agar Akreditasi perpustakaan madrasah di SMPN 1 Nglipar bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil maksimal.

Sambutan Bapak Rukiyono pengawas menyampaikan sangat berterimakasih kepada DPK yang telah memberikan kesempatan SMP N 1 Nglipar untuk maju akreditasi perpustakaan sekolah tahun ini.  Semoga kegiatan akreditasi  perpustakaan sekolah tahun ini berjalan dengan lancar dan mendapat hasil maksimal.

Acara sosialisasi akreditasi perpustakaan sekolah langsung dibuka oleh pustakawan Agung Wibawa  bahwa sekolah yang maju akreditasi tahun 2020 sangat beruntung karena mendapat kesempatan untuk mendapat dukungan dari Perpusnas RI dalam pembiayaan akreditasi, mendapat pendampingan dari DPK Kabupaten Gunungkidul dan Disdikpora Kabupaten Gunungkidul dalam persiapan akreditasi perpustakaan, dan dengan mengikuti akreditasi perpustakaan maka sekolah mendapat kesempatan mengikuti kegiatan yang mendukung kemajuan sekolah lainnya. Ada beberapa kegiatan di tahun ini setelah workshop pengembangan perpustakaan beberapa waktu yang lalu, sosialisasi akreditasi perpustakaan, pada bulan Maret nanti akan dilaksanakan Bimbingan tekhnis pengelolaan perpustakaan, pada bulan Agustus kegiatan lomba Perpustakaan, kegiatan bedah buku, seminar dan sebagainya yang dapat mendukung point penguatan SDM perpustakaan yang akan diakreditasi.  Sebelum pelaksanaan akreditasi pada H-7 akan dilaksanakan kegiatan pra akreditasi dengan asesor dari pustakawan dan setelah pelaksanaan pra akreditasi tersebut diharapkan masih ada kesempatan untuk dapat melengkapi, membenahi dan menambah beberapa unsur yang ada pada instrumen akreditasi perpustakaan sekolah/madrasah. Dan dalam menyiapkan akreditasi ini peran kita bersama Kepala sekolah, pengawas, tim akreditasi perpustakaan di sekolah, komite sekolah harus saling mendukung, sehinggga dengan sinergitas tersebut tujuan  bersama dapat dicapai dengan hasil yang maksimal.

Selanjutnya disampaikan materi sosialisasi yaitu tentang pelaksanaan akreditasi perpustakaan sekolah, membedah satu persatu instrumen akreditasi dan saling berdiskusi untuk mencapai nilai tertinggi. Dalam kegiatan sosialisasi ini dipandu oleh Agung Wibawa sebagai narasumber dan Erni Widyaningtyas sebagai pencatat nilai yang dicapai setiap komponen akreditasi.

Agung Wibawa pada kesempatan tersebut menjelaskan tentang komponen akreditasi yaitu komponen koleksi, komponen sarana prasarana, komponen layanan komponen pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan, komponen ketenagaan dan komponen keenam penguat.

Setelah mencermati instrumen komponen akreditasi maka kegiatan selanjutnya adalah meninjau perpustakaan SMP N 1 Nglipar Pustaka Cendikia didampingi Kepala Perpustakaan Giyanta, SPd. Pada saat ini gedung perpustakaan masih berada di samping sekolah dan rencana  ruang perpustakaan akan dikembangkan dan dipindah di depan. Beberapa informasi tambahan disampaikan dalam rangka menambah luasan layanan perpustakaan sekolah sehingga lokasi perpustakaan yang direncanakan akan dipindah di depan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi siswa SMPN 1 Nglipar. (Wid)