Pemerintah Daerah DIY mendapatkan penghargaan atas Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB) yang didukung oleh The United States Agency for International Development (USAID)
.
Pemda DIY masuk sebagai TOP 30 Pemerintah Daerah terbaik untuk Pengelolaan Pengaduan Layanan Publik tahun 2019. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menteri PAN RB Tjahyo Kumolo dan diterima oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku BuwonoX, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (09/12) malam.
.
Sri Paduka menuturkan bahwa penghargaan tersebut merupakan apresiasi bagi pemerintah daerah yang telah mengelola pengaduan masyarakat dengan baik melalui pemanfaatan Teknologi Informasi. “Saya berharap dengan apresiasi ini menjadi penyemangat bagi rekan-rekan pengelola di Pemda DIY untuk memberikan layanan pengaduan terbaik bagi masyarakat melalui respon yang yang cepat, akurat dan solutif,” tutur Sri Paduka.
.
Adapun total peserta kompetisi tersebut pada tahun 2019 ini adalah sebanyak 312 instansi, meningkat 92,5 persen dibandingkan tahun 2018 yakni 162 instansi.