Inisiatif Universitas Indonesia Islam (UII) Yogyakarta dan Institut Francais Indonesia (IFI) membuka Warung Prancis merupakan langkah jitu bagi mahasiswa yang berminat belajar ke negeri Menara Eiffel.

Warung Prancis berlokasi di Lantai 2 Sisi Timur, Gedung Perpustakaan Moh.Hatta, kampus terpadu UII Yogyakarta. Ruangan ini memiliki informasi terkait beasiswa pendidikan di Prancis. Dan dapat diakses seluruh civitas akademika.

Warung Prancis diresmikan pada hari Senin (14/12/2015). Hadir saat itu Rektor UII, Atase Kerja Sama Universitas Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, dan IFI.

Atoine de Buysson, Atase Kerja Sama Universitas Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, menyatakan Warung Prancis diharapkan menjadi jembatan kebudayaan bagi komunitas muslim untuk belajar tentang Prancis.

“Kami juga sedang menjajaki peluang kerja sama dengan berbagai universitas yang ada di Indonesia,” ungkap Atoine de Buysson.

Pihak Prancis memilih UII Yogyakarta untuk mendirikan Warung Prancis karena kota Yogyakarta merupakan pusat pendidikan yang penting di Indonesia. “Di kota ini terdapat universitas terbaik, salah satunya UII,” kata Atoine de Buysson.

Harsoyo, Rektor UII, pula berharap para mahasiswa dapat menggunakan fasilitas baru ini untuk mendapatkan segala informasi mengenai negara Prancis. Warung Prancis menurut Harsoyo, juga memiliki informasi tentang budaya.

“Warung Prancis dapat menjadi pusat informasi berbagai hal yang berkaitan dengan Prancis mulai dari kebudayaan, bahasa, pendidikan, dan masyarakatnya,” kata Harsoyo.

Warung Prancis akan memiliki sejumlah program yang berkaitan dengan pendidikan dan kebudayaan. Nah, buat kakak-kakak mahasiswa yang ingin tahu soal Prancis, bisa datang ke Warung Prancis UII Yogyakarta. (Dikutip dari Kabar Kampus oleh Teguh Prasetyo Utomo - Pustakawan UII)