Sleman—BPPTPDAS lakukan “Studi persahabatan” di Perpustakaan Unjani Yogyakarta pada hari Kamis, 8 Agustus 2019. Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPPTPDAS) merupakan lembaga yang bernaung dibawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berlokasi di Kota Surakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di Perpustakaan Kampus 2 Unjani Yogyakarta. Kunjungan ini berlangsung dengan agenda pengamatan perpustakaan secara umum dan studi layanan automasi, institutional repository, serta literasi informasi.

Kunjungan yang berlangsung dengan penuh persahabatan ini diawali dengan perkenalan dan Library Tour. Rombongan dari BPPTPDAS terdiri dari 6 (enam) personel  yang hadir mewakili kunjungan persahabatan pada kali ini, antara lain Amma Naningrum A., S.Sos., M.A (Kepala Perpustakaan), Drs. Ugro Hari Murtiono, M.Si. (Peneliti), Aris Boediyono, Mesri Ferdian, S.Sos., Sri Baruni, dan Wulan Sari, A.Md. Kegiatan Library Tour dipimpin langsung oleh Risty Prasetyawati, SIP.,MA selaku Kepala Perpustakan Unjani Yogyakarta. Diawali dengan pengenalan fasilitas perpustakaan seperti anjungan presensi pengunjung, bagian layanan perpustakaan, OPAC, ruang baca, penciri Unjani Yogyakarta yang ada perpustakaan yakni “Jenderal Achmad Yani Corner” serta ruang koleksi dan karya ilmiah.

Terjadi komunikasi yang interaktif antara pihak BPPTPDAS dengan Kepala Perpustakaan dan seluruh staf perpustakaan. Kepala perpustakaan juga memperkenalkan ruang literasi informasi dan menjelaskan apa saja yang dilakukan saat kegiatan kelas literasi informasi.

Setelah library tour, dilanjutkan dengan presentasi pengenalan Perpustakaan Unjani Yogyakarta dengan segala fasilitas yang dimiliki yang berfokus pada studi layanan automasi, institutional repository, serta literasi informasi. Kepala Perpustakaan memaparkan fitur-fitur yang ada di dalam repository serta proses literasi informasi yang berjalan di Perpustakaan Unjani Yogyakarta.

Dengan adanya “Study Persahabatan” ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi BPPTPDAS dan Perpustakaan Unjani Yogyakarta pada khususnya. Semoga sharing pengetahuan dan inovasi dalam hal perkembangan perpustakan dapat menjadi media mempererat hubungan kemitraan antara BPPTPDAS dengan Unjani Yogyakarta.


by. wln