Pada hari Kamis, 6 Desember 2018 di ruang teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dipadati oleh pengunjung yang antusias ingin berpartisipasi dalam kegiatan “Nonton Bareng dan Bahasa Tuntas Film 19 Days”. Kegiatan tersebut tersebut diselenggarakan oleh Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan Kedutaan Besar Kanada melalui Canadian Resource Center. Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 120 orang sivitas akademika dosen dan mahasiswa ini dibuka oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Labibah Zain, MLIS. Hadir dalam acara tersebut Mr. Eric Mjean (Konselor Imigrasi) dan Bapak Fajar Heru Susanto (staf Kedutaan Besar Kanada).

19 Days merupakan film dokumenter yang mengisahkan pengalaman 19 hari pertama pengungsi yang tiba di Kanada. 19 hari merupakan masa assesmen yang dilakukan oleh pemerintah federal dalam upaya mendampingi dan membatu pengungsi dari berbagai bangsa semenjak penerimaan di bandara, orientasi rujukan,  pengurusan dokumen, konseling, hingga soal pemukiman. Film ini menggambarkan realitas kemanusiaan pemerintah Kanada dalam menghadapi pengungi untuk meminimalisir hambatan mereka dalam upaya integrasi bangsa. Kanada merupakan negara multi ras, multi budaya, dan dan imigrasi menyumbang 50 % pertumbuhan penduduk Kanada,  sehingga kebijakan multikulturalisme menjadi ciri khas negara ini.

Setelah pemutaran film berakhir, peserta mendapat kesempatan untuk berdiskusi membahas film secara mendalam bersama Mr. Eric. Pada akhir acara peserta yang  menjawab dengan benar pertanyaan tentang Kanada mendapat doorprize menarik dari penyelenggara. Selain kegiatan nonton bareng dan kupas tuntas film 19 days ini, kegiatan kerjasama Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dengan Kedutaan Besar Kanada yang berlagsung semenjak tahun 2007 ini antara lain berupa public lecture yang menghadirkan akademisi dan politikus negara Kanada. (Ist)