Pada bulan September ini perpustakaan di berbagai wilayah melakukan aktifitas dalam rangka memperingati Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan yang dicanangkan pada tahun 1995 oleh Presiden Soeharto. Pencanangan tersebut adalah dalam rangka peningkatan minat kunjung ke perpustakaan dan minat baca masyarakat. Kunjungan perpustakaan perlu ditingkatkan agar beragam sumber informasi secara tercetak maupun elektronik yang tersedia dapat digali dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain berkunjung ke perpustakaan secara fisik, masyarakat dapat pula melakukan kunjungan secara online.

Berkaitan dengan hal di atas Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan berbagai kegiatan yang melibatkan berbagai unsur sivitas akademika. Kegiatan tersebut antara lain berupa karnaval yang diikuti oleh seluruh pegawai dan mahasiswa parttime perpustakaan. Karnaval dilaksanakan dengan maksud untuk mensosialisasikan Hari Kunjung Perpustakaan, serta menghimbau dan mengajak seluruh sivitas akademika di lingkungan UIN Sunan Kalijaga untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber-sumber informasi yang tersedia di perpustakaan. Karnaval yang dipimpin langsung oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dra. Labibah Zain, MLIS ini dilaksanakan dengan mengenakan busana daerah dan berjalan mengitari lingkungan kampus UIN Sunan Kalijaga.

Rombongan karnaval Hari Kunjung Perpustakaan 2018 tersebut diterima dengan antusias dan diapresiasi oleh Rektor dan para pimpinan Fakultas. Dalam sambutannya Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. Yudian Wahyudi, MA. menyampaikan bahwa perpustakaan pada masa kejayaan Islam berperan penting dalam mengantarkan kemajuan peradaban Islam melalui pelestarian dan penyebaran ilmu pengetahuan. Selain itu, Rektor juga berpesan agar Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga bersikap terbuka dalam menerima berbagai informasi untuk dihimpun, dikelola, dan dilestarikan sehingga dapat bermanfaat bagi siapapun hingga kapanpun.

Selain kegiatan karnaval, bertempat di lantai satu Perpustakaan UIN Sunan Kalijiaga diselenggarakan talkshow bersama penulis muda yaitu Akbar Suganda. Antusias pemustaka yang mengikuti kegiatan tersebut nampak dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh pemustaka kepada penulis yang memilih tema horor dalam novelnya. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perpustakaan menyerahkan penghargaan kepada para dosen yang mengupload artikel terbanyak melalui digilib, dan fakultas/unit yang memberi perhatian terbanyak kepada perpustakaan. Dalam kesempatan yang sama disampaikan bingkisan kepada pengunjung yang datang ke perpustakaan paling awal. Untuk meyemarakkan hari kunjung perpustakaan 2018 dilaksanakan pula lomba foto yang diupload di sosial media, serta Pojok Curhat Mamake (bimbingan dan konsultasi terkait sumber referensi dan penelusuran database online). Peringatan Hari Kunjung ini berlangsung bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan user education Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga bagi mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019. (Ist)