Bertempat di Ruang Aula MAN 3 Sleman, Perpustakaan MAYOGA (Kamis, 10 Agustus 2018) telah melakukan "Sosialisasi Program Perpustakaan Kelas" sebagai salah satu penyangga Gerakan Literasi di Madrasah. Sosialisasi ini diikuti oleh 54 siswa dari perwakilan kelas, dan 11 mahasiswa PPL (UII dan UTY) yang nantinya akan  turut terlibat dalam perintisan perpustakaan kelas ini.

Program perpustakaan kelas merupakan salah satu bentuk implementasi dari program  Gerakan Literasi Sekolah (GLS)  yang telah diluncurkan oleh pemerintah yang dalam hal ini oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2015 silam. GLS menjadi sebuah jawaban atas terpuruknya budaya literasi Bangsa Indonesia. Dengan adanya perpustakaan kelas diharapkan dapat melatih siswa untuk melakukan pembiasaan dalam hal membaca, yang dimulai dari kelas.

Program perpustakaan kelas ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkkan minat baca siswa. Dengan lebih mendekatkan bahan bacaan sebagai salah satu sumber informasi, perpustakaan kelas diharapkan dapat menjadi sebuah media untuk melakukan pembiasaan dalam hal membaca. Sehingga kehadiran perpustakan di kelas diharapkan juga untuk mampu  memicu dan memacu siswa untuk gemar membaca, yang kemudian akan tercipta sebuah ekosistem yang literat di madrasah.