Pada tahun akademik 2018/2019 ini Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga akan menerima mahasiswa baru berjumlah lebih kurang 3700 orang. Kewajiban pihak perpustakaan adalah mendidik mereka agar menjadi pemustaka yang baik, yaitu sebagai pemustaka yang dapat memanfaatkan perpustakaan sesuai ketentuan dan tata tertib yang ada. Selain itu pihak perpustakaan berperan pula dalam mendorong mereka agar mengoptimalkan akses ke sumer-sumber informasi yang tersedia untuk mendukung keberhasilan studinya.

Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan kegiatan pengenalan perpustakaan berupa user education bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini melibatkan hampir semua pustakawan dan staf administrasi, baik sebagai panitia maupun tutor dan fasilitator. Para mahasiswa baru berasal dari berbagai daerah dengan beragam karakternya, oleh karena itu para pustakawan dituntut untuk dapat menguasai mahasiswa baru sebagai audience dan menyampaikan materi user education dengan baik sehingga mencapai hasil sesuai yang diharapkan.

Untuk menunjang kelancaran dalam kegiatan user education, serta meningkatkan pengetahuan pustakawan, maka diselenggarakan Training of Trainers pada hari Rabu, 8 Agustus 2018. Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Ir. Sri Hartinah, M.Si (Peneliti Utama PDII LIPI, bidang Perpustakaan dan Dokumentasi, Bibliometrika), dan Nurul Fitria, ST, MM (Perpustakaan Telkom University). Moderator dalam acara ini adalah Drs. Umar Sidiq, M.Pd. Ibu Sri Hartinah memberikan motivasi kepada pustakawan untuk selalu mengembangkan diri sehingga mampu melakukan komunikasi ilmiah dengan lancar.

Sedangkan Ibu Nurul Fitria menyampaikan pentingnya branding, serta pendekatan kepada para pemangku kepentingan (stakeholder) termasuk para mahasiswa baru agar perpustakaan dapat menyediakan layanan yang sesuai bagi para stakeholdernya sehingga layanan menjadi tepat sasaran. Ibu Nurul juga sharing pengalaman dalam menangani user education di lembaganya yang dilakukan dengan menekankan konsep mengubah paradigma lama perpustakaan di kalangan mahasiswa baru, serta penekanan bidang literasi riset bagi mahasiswa semester akhir.(Ist)