eningkatnya jumlah pemustaka, perubahan paradigma layanan, serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi beberapa hal yang menjadi alasan untuk mendesain ulang gedung dan ruangan perpustakaan, sehingga sesuai dengan kebutuhan pemustaka dan perkembangan jaman. Berkaitan dengan hal tersebut, dan dalam rangka peningkatan layanan bagi pemustaka, serta optimalisasi fungsi ruang layanan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, maka perlu dilakukan redesain ruang layanan. Dalam rangka menindaklanjuti hal tersebut, maka pada hari Jumat 27 Juli 2018 para pengurus Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga yang terdiri atas Kepala dan Wakil Kepala Perpustakaan, Koordinator Bidang dan Koordinator Urusan Layanan Perpustakaan, melaksanakan studi banding ke Perpustakaan Telkom University.

Kehadiran rombongan Perpustakaan diterima oleh Kepala Perpustakaan Telkom University Nurul Fitria, MM. Dalam kesempatan tersebut beliau menjelaskan antara lain tentang konsep open library yang diterapkan di perpustakaannya. Selain itu dipaparkan pula tentang program perpustakaan serta garis besar inovasi desain ruang perpustakaan. Adapun Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Labibah Zain, MLIS menyampaikan alasan dipilihnya perpustakaan tersebut sebagai tujuan studi banding, karena Perpustakaan Telkom University dipandang mampu mengembangkan desain kreatif pada ruang-ruang layanannya. Diharapkan hal tersebut akan memberikan inspirasi bagi pengelola Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dalam redesain ruang layanan perpustakaan di waktu yang akan datang.

Setelah acara penyambutan, dilakukan library tour yang dipandu oleh para pustakawan Telkom University. Dalam library tour ini peserta kunjungan dapat melihat lebih dekat dan memperoleh penjelasan terperinci tentang desain setiap bagian ruang layanan. Para peserta sangat antusias menyaksikan desain bagian-bagian ruang layanan yang secara umum didesain dengan konsep homey dan green sehingga berkesan sejuk, ramah, nyaman, dan tentunya menjadi magnet bagi pengunjung untuk datang dan berdiam lebih lama di perpustakaan. (Ist)