Melestarikan budaya khususnya budaya yang ada di pulau Jawa ini merupakan tanggung jawab bersama antar anggota yang tergabung dalam COE Center of Excellence Budaya Jawa. Tanggung jawab perpustakaan sebagai penyimpan khazanah budaya dalam koleksi-koleksi yang dimilikinya, maka tak berhenti disitu tugas perpustakaan. Namun, lebih jauh bagaimana melestarikan keragaman budaya tersebut supaya generasi muda mampu melanjutkan estafet tersebut. 
Hal ini diungkapkan oleh Kepala BPAD DIY dalam sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Telaah Pustaka Budaya Jawa pada 19 Juli 2018 dengan tema “Keberagaman Kasusasteraan Brang Wetan Jawa Timur”. Tema ini sangat menarik di kalangan sastrawan, akademisi, dan pemerhati budaya. Tahun ini Telaah Pustaka Budaya Jawa diagendakan selama enam kali, dan bulan Juli adalah kegiatan yang ke tiga kalinya di Ruang Seminar lantai 3 Grhatama Pustaka Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY.
Narasumber Telaah Pustaka kali ini berasal dari seorang budayawan yang juga seorang Dosen di Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya, beliau adalah Rohmad Djoko Prakoso, M.Sn dan narasumber kedua yaitu Dr. Purwadi,SS.M.Hum Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Jawa UNY.


Download materi ada di link berikut
http://bpad.jogjaprov.go.id/coe/article/telaah-pustaka-keberagaman-kasusasteraan-brang-wetan-jawa-timur-929