Warung Prancis Universita s Muhammadiy ah Yogyakarta (WP UMY) menunjukka n eksistensi nya sebagai Warung Perancis terbaik di Indonesia dengan mengadakan acara La Chandeleur dengan tema “Jour des Crepes” pada hari Senin (05/02) di Aula Warung Pancis UMY. Acara yang bertujuan untuk memperinga ti perayaan pergantian musim ini dihadiri oleh siswa SMP, SMA dan mahasiswa. La Chandeleur merupakan acara perdana yang diselengga rakan oleh WP UMY.

Direktu r American Corner sekaligus Warung Prancis UMY, Puthut Ardianto, M.Pd. menjelaska n bahwa La Chandeleur merupakan sebuah perayaan bagi orang-oran g Perancis untuk bersyukur, dan juga perayaan memperinga ti pergantian musim dari musim dingin ke musim semi. “Hal ini ditambahka n dengan Crepes sebagai makanan dengan bentuk bulat seperti matahari yang bersinar hangat,” ujar Puthut.

Puthut juga menjelaska n bahwa acara ini merupakan pemahaman lintas budaya (cross-cul tural understand ing), bahwa La Chandeleur ada di Prancis. Karena misi WP UMY adalah pada isu pendidikan dan kebudayaan , maka ini merupakan salah satu unsur budaya yang dipelajari . Acara La Chandeleur dilaksanak an per tanggal 2 Ferbuari. “Kami laksanakan pada tanggal 5 Februari berhubung adanya kunjungan dari Kementeria n Urusan Luar Negeri dan Pembanguna n Prancis, ungkapnya.

Puthut juga menjelaska n bahwa perwakilan Kementeria n Urusan Luar Negeri tersebut ingin mengetahui bagaimana pemberitaa an media massa di Indonesia terhadap Warung Prancis. Beliau tertarik untuk menginspek si secara langsung dan Yogyakarta menjadi pilihan untuk inspeksi tersebut. Karena WP UMY menjadi WP terbaik peringkat 1 dari 36 WP yang ada di seluruh Universita s di Indonesia yang memiliki hubungan kerjasama dengan Institute Francais Indonesia (IFI) sejak tahun 2015 hingga saat ini.

Senada dengan direktur WP UMY, koordinato r Warung Prancis UMY, Whiby Tirta Ardianto juga menyebutka n bahwa WP UMY memiliki acara tahunan yang dilaksanak an seperti FêteDe La Culture, pekan Francophon ie dan masih banyak lainnya.

Aca ra La Chandeleur ini dibuka dengan memperkena lkan masakan Prancis yaitu Crêpes, berupa panekuk tipis yang terbuat dari gandum dan merupakan makanan yang sangat digemari di seluruh Eropa. Dipandu oleh seorang pengajar bahasa Prancis di WP UMY, Victoria. Acara ini juga dihadiri oleh siswa siswi SMP, SMA serta mahasiswa. (Darel)


< p>http:/ /www.fpptm a.or.id/20 18/02/tunj ukan-eksis tensi-waru ng-prancis -umy.html< /a>