Kamis, 2 November 2017 bertempat di Kampus Terpadu Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, telah terlaksana pelatihan literasi informasi dan Muswil Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah/FPPTMA. Pelatihan literasi informasi kali ini dengan subyek pelatihan pada reference management dan akses eresources bagi Pustakawan Perguruan Tingi Muhammadiyah ‘Aisyiyah se Indonesia. Peserta yang berasal dari Aceh sampai Papua sangat bersemangat mengikuti pelatihan ini. Materi reference management yang dipelajari adalah Zotero, yang disampaikan oleh Pustakawan handal, sekaligus Kepala Perpustakaan FT UGM, Bp. Purwoko, SIP., MA. Apa itu Zotero, apa manfaatnya, dan bagaimana cara mengaplikasikannya sebagai reference management dipelajari oleh Pustakawan FPPTMA secara bersama di UNISA Yogyakarta.

Materi lain dalam pelatihan ini adalah akses eresources Proquest yang disampaikan oleh Bp. Dwi Janto Suandaro. Bagaimana cara mengakses berbagai data base yang ada dari Proquest disampaikan, termasuk bagaimana mengelola hasil akses secara lebih efekti dan efisien. Materi pelatihan bias diakses di https://lib.unisayogya.ac.id/materi-pelatihan. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan Perpustakaan PTMA. Irkhamiyati, M.IP, ketua panitia sekaligus Kepala UPT Perpustakaan UNISA Yogyakarta menyampaikan bahwa pustakawan PTMA harus terus berkembang untuk turut berkontribusi nyata bagi civitas akademikanya.

Hal itu juga didukung oleh Wakil Rektor II UNISA Yogyakarta, Ibu Yuli Isnaeni, M.Kep., Sp.Kom, yang mewakili Rektor UNISA Yogya dalam memberikan sambutan dan membuka acara pelatihan. Bu Yuli menyampaikan bahwa Perpustakaan PTMA sebagai jantungnya perguruan tinggi sudah seharusnya terus maju dan mengembangkan diri untuk mendukung kemajuan perguruan tingginya. Berbagai hal dapat dilakukan untuk mengembangkan perpustakaan termasuk meningkatkan daya tarik layanannya. Oleh karena itu, untuk membuka pelatihan ini sekaligus dilakukan launching Lomba Desain Banner Perpustakaan UNISA Yogyakarta, yang bertujuan untuk lebih meningkatkan daya tarik mahasiswa dalam memanfaatkan layanan Perpustakaan UNISA Yogyakarta. (Irkhamiyati & Agung)