LAUNCHING POJOK BACA “NGUDI MULYO” DAN PENCANANGAN SLEMAN MEMBACA, MEMBANGUN BUDAYA MEMBACA MENUJU SMART REGENCY.

Selasa, 31 Oktober 2017 digelar Acara Gerakan Sleman Membaca, dengan  diawali launching Pojok Baca “Ngudi Mulyo” di dusun Mendiro, Desa Sukoharjo Ngaglik Sleman. Agenda acara Sleman Membaca  dengan Tema Membangun Budaya Membaca Menuju Smart Regency, akan digelar dengan berbagai kegiatan yaitu pembukaan Pojok Baca “Ngudi Mulyo” di dusun Mendiro oleh Ibu Wabup Sleman, Dra. Hj. Sri Muslimatun , M.Kes. didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi Triastika Putri, MM.  Penyerahan buku karya siswa SMPN 4 Pakem dengan judul “Ketika Pena Bercerita”,  sekaligus penyerahan buku secara simbolik dari penerbit Galang Press.

Talkshow dengan Tema Peran Pustakawan dan pegiat Literasi dalam mendukung gerakan membaca di pandu oleh moderator ibu Henny Wardatur Rohmah, S.Pd. dengan Narasumber Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi Triastika Putri, MM., Hadi Subronto (Kepala Desa Sukoharjo, Ngaglik). Heri Abiburarahman Hakim SIP. MA. (Pustakawan ISI) dan Nanang Sudjatmiko, pengelola perpustakaan Masyarakat TBM Kerai Kwadungan Desa Widodoartani Ngemplak Sleman (Penerima penghargaan Nugrajasadarma Pustaloka kategori Perpustakaan Masyarakat).

Selama sepekan ini pula  di Perpustakaan desa “GSC” Generasi Sukoharjo Cerdas di Balai Desa Sukoharjo, Jl. Besi-Jangkang Km 1,5 Klidon, Sukoharjo, Ngaglikl, Sleman. akan digelar berbagai kegiatan seperti pada kesempatan ini  dibuka oleh Ibu Wakil Bupati Sleman,  Pameran Buku dari berbagai penerbit mulain tanggal 31 Oktober 2017 – 9 November 2017. Wisata Pustaka, Workshop Menulis, Talkshow dan Bedah Buku, Lomba Mewarnai TK A&B, Lomba Memasak, Lomba Dongeng Guru, untuk informasi kegiatan tersebut bagi masyarakat yang ingin terlibat dapat menghubungi panitia di 085729446467.

Kegiatan pencanangan gerakan Sleman membaca yang didukung oleh berbagai pihak yaitu Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Sleman dan IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) Pengurus Daerah Kabupaten Sleman mengajak masyarakat mengenal lebih dekat perpustakaan yang ada di desa dan masyarakat, terlebih keberadaan Perpustakaan desa Sukoharjo GSC (Generasi Sukoharjo Cerdas) yang telah meraih juara II tingkat Nasional diharapkan dapat memotivasi dan memberi semangat desa lainnya.

Terlebih sebelumnya pun desa Widodomartani, Ngemplak Sleman juga meraih juara I tingkat Nasional dan para penggiat Literasi memperoleh penghargaan di tingkat Nasional yaitu Nanang Sudjatmiko pengelola perpustakaan Kerai, sedangkan pengelola perpustakaan Desa yaitu Susilo Widodo, S.Si. meraih penghargaan Pustaka Bakti Tama Tahun 2017. Semua ini memberikan harapan besar gerakan literasi Sleman yang maju pesat dengan potensi SDM (Sumber Daya Manusia) dan  komunikasi yang baik antar stakeholder serta fasilitasi dari Pemerintah Daerah di Kabupaten Sleman.

Diharapkan Keberadaan Perpustakaan desa, masyarakat maupun sekolah di Kabupaten Sleman dapat terpacu dan terus berkembang sehingga mampu  menjadi contoh bagi perpustakaan lain dan bekerjasama atau berjejaring dengan perpustakaan lain  di Kabupaten Sleman. Hal ini sesuai dengan misi Kabupaten Sleman menuju Kabupaten Cerdas (Smart Regency). Disini  peran serta Perpustakaan apapun jenis perpustakaan di Kabupaten Sleman akan membangun dan membawa Perpustakaan dengan motto from smart Library to smart Regency.   Lebih luas lagi melalui kegiatan pelestarian budaya baca masyarakat  di Kabupaten Sleman akan  mendukung keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta selain  Yogjakarta sebagai kota pelajar.