Halo Jogja!

Dalam rangka Hari Perempuan Internasional 8 Maret 2017, yuk nonton bareng film dokumenter "Brave Miss World" yang mengangkat kisah Linor Abargil, Miss World 1998 yang diperkosa saat berlibur di Milan, Italia. Alih-alih terpuruk sebagai korban, Linor memilih bangkit, membawa kasusnya ke depan hakim dan kemudian ia menjadi aktivis rape survivor yang menginspirasi banyak korban pemerkosaan di beberapa negara.

Pemerkosaan bisa terjadi pada siapa saja. Korban pemerkosaan bisa saja teman kita, keluarga kita atau bahkan pasangan kita sendiri. Kemampuan Linor untuk bangkit tak lepas dari peran keluarga yang menopangnya dan tidak mempersalahkan Linor, sesuatu yang masih sangat mudah dijumpai di Indonesia karena "budaya" kita yang menempatkan perempuan sebagai pihak yang bersalah sehingga pemerkosaan terjadi. Umumnya dianggap perempuan turut andil karena berpakaian minimlah, karena keluar malamlah, dsb. Padahal dalam konteks Indonesia, banyak kasus terjadi pada anak perempuan dan dalam lingkungan keluarga. Film ini sangat bagus ditonton oleh pria juga agar para pria dapat memahami dampak psikologis pada penyintas (survivor) pemerkosaan yang hampir tak bisa pulih kembali. Seperti Linor misalnya, Linor kemudian menutup rapat tubuhnya Nobar "Brave Miss World" UMY, Jogja 8 Maret 13.00-17.00 WIB. dan menjadi sangat religius pasca pemerkosaan tersebut. Dari seorang model pakaian dalam, ia kini mengenakan pakaian yang sesuai untuk seorang Yahudi seperti rok panjang (karena Yahudi Ortodoks melarang memakai celana panjang) dan menutup kepalanya.

Nonton bareng ini gratis, terbuka untuk umum. Berlangsung di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, tepatnya di Ruang Sidang Gedung Pascasarjana UMY, Ringroad Selatan, Gamping jam 13.00-14.30, Rabu 8 Maret.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dengan produser film Cecilia Peck lewat Skype langsung dari Amerika Serikat 14.30-15.30. Pelatihan jurnalistik "Meliput Kasus Kekerasan Seksual" 15.30-17.00.

Bagi yang berminat mohon daftar ke Saudara Taqwa di nomor ini 082281301435 (WA/SMS). Format:

*DAFTAR_Nama Lengkap_Instansi_Alamat Email*

Acara ini terselenggara berkat dukungan Kedubes Amerika di Indonesia, UMY dan #IAmbraveindonesia.

Mohon bantuan infokan ke teman-teman yg tertarik ya. Terima kasih.