Oleh: Irkhamiyati, M.IP.
Perpustakaan kini tidak lagi hanya sebatas pada kegiatan pinjam memimjam buku saja. Perpustakaan di era digital berfungsi sebagai sumber dan distributor informasi. Sumber informasi yang disediakan perpustakaan, tidak hanya berupa sumber fisik saja, namun berkembang juga dalam bentuk elektronik/digital. Berbagai sumber tersebut dapat ditemukan dengan bantuan kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini. Melimpahnya berbagai sumber informasi yang dimiliki perpustakaan, tidak ada gunanya apabila tidak diketahui dan dimanfaatkan oleh civitas akademikanya. Oleh karena itu perlu dilakukan promosi terhadap sumber-sumber informasi tersebut.
Jum’at, 10 Februari 2017, bertempat di ruangan A302 Kampus Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta/UNISA Yogya, perpustakaan mendapat kesempatan untuk menyampaiakan materi bagi Mahasiswa Baru S2 Kebidanan. Hal ini sekaligus sebagai ajang promosi perpustakaan. Sinergi Prodi dengan perpustakaan terlaksana, dengan memasukkan beberapa kegiatan perpustakaan dalam materi matrikulasi kali ini. Pada sesi awal, Irkhamiyati, MIP, selaku Kepala UPT Perpustakaan UNISA Yogya, menyampakian tentang  pentingnya literasi informasi bagi Mahasiswa Pasca Sarjana. Materi diawali dengan pengenalan perpustakaan, konten-konten dan link yang ada dalam website lib.unisayogya.ac.id, dan penelusuran berbagai sumber baik yang tercetak maupun digital.
Materi selanjutnya adalah tentang pengelolaan dokumen menggunakan Mendeley dan Zotero. Apa itu Mendeley dan Zotero, bagaimana cara mendownloadnya, bagaimana cara menginstalnya, bagaimaimana cara menyetingnya, dan bagaimana cara menggunakannya menjadi topik utama. Banyak manfaat dari dari aplikasi Mendeley ataupun Zotero ini. Manfaat pertama kita bisa membuat body note, kutipan, dan daftar pustaka dalam sebuah tulisan secara otomatis. Kedua dengan kapastas simpannya yang mencapai 2 GB, sekaligus menjadikannya sebagai perpustakaan digital pribadi. Ketiga bisa menjadi sarana berjejaring dan berbagi dengan orang lain. Pada pertengahan materi kami sisipkan sebuah film pendek yang berisikan pelajaran akan pentingnya backup dan pengelolaan data terhadap berbagai informasi yang sudah kita miliki, sebagai modal persiapan bagi mereka dalam menyusun proposal tesis nantinya. Sebagai penutup juga kami sajikan game online yang berkaitan dengan materi yang menjadikan pembelajaran lebih berkesan, bervariasi, dan mudah dimengerti.(Irkhamiyati-Agung S-2017)