Pada hari Sabtu, 21 Januari 2017, Perpustakaan Universitas Sanata Dharma (USD) memberikan layanan mobile library bagi siswa-siswi SDN Guyangan. Layanan ini diadakan bekerjasama dengan Kelompok 38 KKN 53 USD.

Para murid SDN Guyangan sangat senang dan antusias mendapat kunjungan mobile library Perpustakaan USD. Mereka tampak sibuk memilih-milih buku dan membaca. Pada kesempatan ini guru-guru dan semua siswa diijinkan meminjam sebuah buku yang diminatinya.

Semangat belajar siswa-siswi SDN Guyangan sangat tinggi. Sebagian besar rumah mereka jauh dari lokasi sekolah. Mereka harus melewati jalan terjal dan berkelok untuk bersekolah. SDN Guyangan jauh dari hiruk-pikuk kota. Lokasinya berada di atas perbukitan, tepatnya di Desa Mertelu, Kelurahan Gedangsari, Gunung Kidul.

Layanan mobile library dimaksudkan untuk menjangkau pelayanan buku bacaan dan peningkatan literasi di daerah pinggiran. Layanan ini diluncurkan pada puncak perayaan DIES USD ke-61 tanggal 17 Desember 2016. Layanan USD mobile library menggunakan mobil hibah yang diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) kepada USD.(dz)